BERPIKIR NEGATIF BOLEH GAK ?

Saya menulis ini ketika ada teman yang selalu berprinsip "positif thinking" atau berpikir selalu benar tentang orang lain.

Lama saya berbicara/ bbm dengan orang itu, sebut saja inisialnya MP, semakin saya tertarik dengan prinsipnya itu semakin ingin saya tau apakah benar dia menganut prinsip "Posthink",

singkat cerita saya mulai menganalisa obrolan demi obrolan dengannya.Saya menulis ini bukan untuk membahas kepribadian MP, tetapi yang saya ingin paparka disini adalah "melapisi pemikiran posthink membuahkan nethink".

"melapisi pemikiran posthink membuahkan nethink"  entah kenapa saya berpikir dan ingin menulis topik itu,
saya akan coba jelaskan apa yang ada di otak saya,untuk dapat saya baca kembali nanti. sekarang mari kita lihat apa yang ada di pemikiran saya.

Terkadang pemikiran nethink itu di tujukan kepada :
1. Orang yang tidak kita sukai
2. Pada saat berumpi ria
3. Ingin mendapatkan simpati dari seseorang
4. Ingin menjatuhkan lawan
5. Ingin mengadu domba
6. Ingin mendapatkan pembelaan
7. lain halnya yang ada di pikiran anda yang sifatnya tidak baik

Pemikiran positif thinking (posthink) pemikiran semacan ini terjadi :
1. Membuat diri tidak cepat putus asa
2. Selalu menyelediki kebenaran
3. Tidak ingin berpihak
4. Membangkitan semangat
6. Berusaha bersabar
7.Ingin di anggap orang yang benar
8. Hanya ingin memperkuat diri dan menutup diri
9. Ketenangan diri
10. Segala hal yang positif dalam pemikirn yang bisa mendatangkan kebaikkan

Dari pemikiran saya diatas, terkadang terjadi ketidak cocokan dalam mengatakan "posthink or nethink.
berikut gambaran dalam menempatkan ke dua kata tersebut.

Positif think itu sangat baik jika bena-benar bisa di terapkan, tetapi kata posthink jika hanya dikatakan dn keluar dari mulut begitu saja, tidak aka pernah membuahkan hasil.

Jadi jika ingin kita bisa benar-benar berpikir positif think, semua itu hanya bisa membuahkan hasil jika itu keluar dari hati dan mendorong kekuatan dan semangat yang dapat membangkitkan diri untuk bisa bangkit.

Apakah kita boleh berpikir negatif kepada orang ?? jawaban saya " BOLEH". itu adalah jawaban saya dan pemikiran saya,mengapa saya katakan boleh? simak beberapa alasan saya:
1. untuk mengcover diri
2. menyelediki sesuatu atas kecurigaan
3. Berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang lenih akurat
4. Untuk bisa lebih berhati-hati

Untuk tidak membingungkan alasan saya diatas mengenai mengapa kita boleh berpikir negatif sedikit ilustrasi yang saya berikan atas manfaat nethink.

Saya coba jelaskan dengan sebuah ilustrasi.
kasus 1" Ada seseorang yang senang melihat rumah saya, lalu saya tanyakan"maaf mas sedang apa? orang itu menjawab"liat-liat struktur bangunan rumah ini unik" lalu orang itupun pergi. saya pun masuk ke rumah.
dalam kasus diatas saya sedkit curiga.
kasus 2 " tidak beberapa lama orang berbeda datang dan bermaksud bertanya "nomor rumah ini berapa?
dalam kasus 2 kecurgian saya menjadi negatif thinking. saya pun berusaha untuk tidak nethink saya terus menenangkan pikiran saya dengan berpikir positif bahwa orang tersebut sedang mecari alamat rumah. Waktu terus berjalan kegelisahan dan negatif thinking semakin kuat di pikiran, akhirnya saya meminta orang lain berjaga.
kasus 3 tepat jam 23" ada seseorang memencet bell rumah"
dalam kasus 3 ini hanya ketakutan dan pemikiran yang negatif, akhirnya saya minta bantuan penjaga pos terdekat untuk mencek sekitar rumah saya, benar pemikiran saya bahwa akan terjadi pencurian, ternyata sudah ada beberapa orang yang mengintai.
dari pikiran nethink saya timbul kecurigaan dan dari kecurigaan timbul kewaspadaan.

jadi ini sedikit rumus otak keder yang baik,

NETHINK ==>KECURIGAAN==>KEWASPADAAN==> TINDAKAN==>POSITIF


hahaha... mudah-mudahn ada yang setuju dengan tulisan saya ini


by OC








Share this article :
+
0 Komentar untuk "BERPIKIR NEGATIF BOLEH GAK ?"