ETIKA PERGAULAN


INDONESIA

Dalam bergaul ada beberapa hal yang sangat vital dan yang kadang dianggap sepele, BAHASA itulah yang kadang membuat pergaulan kita retak atau kita tidak di terima di kumpulan yang di inginkan.

Ini adalah contoh simple yang ada dalam kehidupan saya, suatu hari saya berkumpul dengan teman yang berbeda suka dan ras saya adalah orang yang berbeda diantara teman yang lain, mereka setiap berkumpul dan ngobrol mengunakan bahasa mereka yang saya tidak mengerti, mereka tertawa dan bebricara serius lama kelamaan  saya mulai merasa tidak nyaman berada dilingkungan mereka itu bukan berarti mereka ngomongin saya dengan bahasa mereka, saya mulai tidak nyaman karena saya tidak dianggap ada dan bukan bagian mereka, akhirnya saya hengkang dari mereka dan meninggalkan mereka saya pikir percuma berteman tetapi tidak mengerti perasaan orang dan seakan akan orang yang tidak sesukunya itu tidak ada.

mungkin itu perasan saya aja tapi dari pada berada di kumpulan orang-orang yang tidak membuat saya nyaman maka semua hengkang dari pergaulan mereka. 
Buat para membaca blogger loverochi alangkah baiknya memperhatikan etika bergaul jika kita berkumpul dengan orang yang berbeda suku seharusnya gunakan lah bahasa indonesia agar semua yang ada di kumpulan itu bisa mengerti dan paham dan tidak merasa di cuekin,jika memang harus mengunakan bahasa daerah usahakan sesingkat mungkin dan tidak di depan orang yang tidak mengerti ini akan menimbulkan pemikiran yang jelek.

Akhir kata saya katakan jagalah perasaan orang lain dan berusaha agar orang lain bisa nyaman bergaul dengan kita.


loverochi

GBU


 
Share this article :
+
0 Komentar untuk "ETIKA PERGAULAN"