SUNTIK PEMUTIH WAJAH

Amankah Suntik Putih dengan Glutathion?
Tanya:
Saya tahu bahwa warna kulit tergantung dengan gen masing-masing, tapi apakah injeksi alias suntik whitening dapat memutihkan kulit secara permanen? Di pasaran saat ini injeksi whitening sedang marak, dan katanya banyak mngandung glutathion. Benarkah glutathion merupkan agen pemutih kulit yang bersifat permanen dan bisa mengubah gen orang berkulit cokelat menjadi berkulit putih?

Jawab:
Hai Windi,

Glutathione dikenal sebagai antioksidan yang ada di hati. Sebagai antioksidan, glutathione berfungsi untuk melawan radikal bebas yang merusak sel. Sebenarnya obat ini sangat berguna untuk mengobati beberapa penyakit saraf seperti alzheimer dan parkinson. Tetapi beberapa negara di Asia menggunakann glutathione ini untuk memutihkan kulit.

Memutihkan kulit adalah salah satu efek samping dari glutathione karena glutathione mencegah produksi pigmen melanin. Salah satu fungsi pigmen ini adalah untuk memberikan warna untuk kulit.

Salah satu rumah sakit di Bangkok meneliti penggunaan glutathione secara oral atau diminum selama 4 minggu dibandingkan dengan meminum plasebo. Penelitian ini melibatkan 60 orang. Ternyata obat ini dapat memutihkan kulit pada sebagian kecil orang saja (6 orang) yang meminum glutathione.

dr. Fresia JuwitasariBagaimanapun penggunaan glutathione, dalam jangka panjang belum terbukti keamanannya dan membutuhkan penelitian yang lebih besar. Untuk penggunaannya sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter spesialis kulit.

Semoga membantu.

dr. Fresia Juwitasari
www.MeetDoctor.com
Share this article :
+
0 Komentar untuk "SUNTIK PEMUTIH WAJAH"