Kutil Kecil di Bawah Mata

Kutil Kecil di Bawah Mata, Apa Penyebabnya Ya?
Tanya:
Di bawah mata saya terdapat bintik-bintik jendolan kecil seperti daging tumbuh atau kutil. Itu apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkannya?
Arie, 18 tahun


Jawab:
Hai Arie,
Bintik-bintik kecil yang muncul ini kemungkinan adalah milia. Milia timbul karena lapisan kulit mati (zat keratin) tidak terlepas, dan malah terperangkap dalam kelenjar sebasea di kulit, sehingga terbentuk kista-kista kecil (kantung kecil) berisi cairan berwarna putih atau kekuningan.

Milia dapat terjadi pada semua usia. Milia terutama sangat umum terjadi pada bayi, bahkan hampir 50 persen, dan hal tersebut adalah normal. Milia biasanya muncul di kulit sekitar mata, pipi, dan dahi.

Penyebabnya belum diketahui, tetapi beberapa faktor diduga menyebabkan zat keratin terperangkap di dalam kelenjar sebasea. Antara lain trauma (akibat pemencetan jerawat atau menggosok muka dengan handuk terlalu kuat), luka bakar, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan penggunaan krim-krim steroid jangka panjang.

Pada beberapa kasus, milia tidak perlu diterapi karena dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Jika diperlukan, ada beberapa cara untuk mempercepat hilangnya milia:

1. Ekstraksi dengan menggunakan alat komedo ekstraktor.

2. Krim topikal yang mengandung retinoid acid (RA). Penggunaannya juga harus berhati-hati, karena dapat memicu iritasi pada kulit di awal pemakaian.

3. Peeling atau mikrodermabrasi secara berkala.

Semua hal ini harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Jangan mencoba untuk melakukan terapi sendiri di rumah seperti pemencetan atau mengeluarkannya dengan alat, karena hal ini akan meninggalkan bekas luka di kulit.

Untuk pemilihan terapi yang tepat, sebaiknya anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit terdekat.

Semoga membantu.

dr. Fresia Juwitasari
www.MeetDoctor.com
Share this article :
+
0 Komentar untuk "Kutil Kecil di Bawah Mata"