NARKOBA

PROSEDUR TERSANGKA MENJADI NAPI SAMPAI PEMBEBASAN

Cerita ini saya  tulis berdasarkan pengalaman saya waktu mengurus NAPI ( narapidana ) dengan kasus NARKOBA, eaaat..saya ini bukan pengacara, polisi, hakim ataupun aparat pemerintah. Saya cuma sekedar bantu. Gini ceritanya, saya gunakan inisial PS, kasus PS ini sebagai PEMAKAI DAN PENGEDAR, itu yang hakim katakan, dan di vonis 2 tahun 4 bulan, memang tergolong ringan, tetapi ini adalah kasus yang sangat memperihatinkan keluarganya, gimana gak stress semua, PS terbilang orang yang baik. Tapi bukan itu yang saya ceritakan. 

Mungkin diantara pembaca ada keluarganya yang bernasib sama, saya akan beritahu bagaimana prosedur pengadilan sampai NAPI bebas.

  • Polisi Segera membuat BAP (berita acara penangkapan), dan tersangka mendekam di tahanan polsek mungkin hingga 3-6 bulan, sampai ada surat perintah pemindahan dari kejaksaan, yang mana segera akan proses sidang.
  • Sambil menunggu proses sidang tersangka PS dipindahkan statusnya menjadi tahanan JAKSA, sampai proses sidang berakir/vonis di jatuhkan. Proses sidang ini bisa sampai 3s/d 5 kali panggilan, 
                  - Sidang pertama isi pembacaan tuntutan,BAP,  
                  - sidang ke 2, pemanggilan saksi-saksi,
                  - sidang ke-3 pembacaan tuntutan hukuman, 
                  - sidang ke-4 pembacaaan Vonis hukuman. 

mungkin begitu prosesnya kurang lebih, jika semua berjalan lancar ( saksi ada, barang bukti ada,  sidang  tidak banyak di tunda dll )

setelah vonis dijatuhkan/diketok palu, barulah tersangka berubah setatus dari tersangka menjadi NAPI, tahanan hukum sesuai dengan vonis hukuman hakim, dari NAPI dibawa LAPAS, untuk menjalani hukumannya.
  • ternyata ada istilah beli kamar(ruang tahanan) biayanya relatif, bukan sampai disitu aja, setiap bulan harus membayar iuran dan membeli makan. setiap NAPI yang di besuk harus ekstra mengeluarkan uang untuk buka gerbang, gimana gak pusing orang rumah,mau ketemu aja harus pengeluarkan uang, memang seh bukan yang besuk yang dimintai, tetapi NAPI yang kita besuk. Kalo ada diantara pembaca yang mengalami hal semacam ini, gak perlu NAPI ITU DI BESUK, mungkin bisa menitipkan makanan lewat penjaga,atau TAMPI ( pembantu di penjara) memang sih bayar juga, tapi gak gede. Bicara soal TAMPI  untuk menjadi TAMPI juga harus pake uang, enakya TAMPI bisa membantu pekerjaan penjaga, seperti membuka gerbang, mengantar tamu dll.
  • Setelah 2/3 dari masa hukuman, maka NAPI boleh mengajukan yang namanya PB ( PEMBEBASAN BERSYARAT), PB itu untuk hukuman 2 tahun keatas, kalo yang 2 tahun kebawah itu namanya CB (cuti bersama). gak banyak seh pengurangan dari PB, cuma 9 bulan,tetapi bagi NAPI itu sangat banyak. 2/3 pengurangan cuma 9 bulan aja. 
  • Setelah pengajukan PB, maka bagian PB akan menghitung apakah NAPI sudah boleh mengajukan PB,jika sudah boleh maka pihak LAPAS bagian PB akan memberikan formulir yang harus diisi dan di tanda tangani kelurahan/kepala desa.
  • Setelah ditempel materai dan tandar tangan si penjamin ( yang menjamin NAPI ) formulir tersebut di kembalikan dengan mengunakan map merah dengan memfotocopy terlebih dahulu, dikembalikan beserta KK+KTP si penjamin. Setelah selesai semua, nanti akan di beritahukan kapan sidang LITMAS, biasanya akan diberitahukan kepada NAPI dan NAPI akan menyampaikan kepada keluarga/penjamin.jadi jangan sampai lupa kasih no yang selalu bisa di hubungi kepada NAPI, supaya gak kelewat.
  • Sidang pertama PB itu adalah LITMAS, ingat yang hadir harus si penjamin.
  • Sidang kedua yaitu PB, dimana akan di beritahukan kapan bebasnya dan apa yang harus dilakukan untuk itu semua. 
memang semua sidang telah berakir tetapi semua memakai biaya yang tidak sedikit.

Betapa merepotkan orang yang tidak bersalah harus tetap repot urus-urus yang bukan kesalahnnya, apalagi kesalahan itu kesalahan yang di buat sendiri, mau dibilang gimana lagi, mungkin repot itu tanda peduli dan sayangnya kepada NAPI. masalahnya APAKAH SI NAPI TAU HAL ITU?????

APAKAH SETELAH DI PENJARA SEORANG NAPI BISA BERUBAH???

hal itu tergantung niat dan tanggung jawab NAPI, memang banyak godaan di penjara, tetapi ada juga  penyejuk Iman, Ibadah, persektuan doa, penginjil yang mengunjungi dari para NAPI di penjara dan itu biasa dari gereja-gereja/pelayan-pelayan Tuhan yang terbeban.bahkan pelatihan keterampilan diberikan di LAPAS.

kalo saya lihat orangtua yang menanggung semua itu, sangat sedih dan selalu menanggisi anaknya. Rasa tidak percaya dan takut terus ada dalam pikirannya, yang saya tidak tahu apakah si NAPI peduli hal itu. 

NARKOBA SULIT DIMATIKAN SEPERTI MEMATIKAN KEBIASAAN MEROKOK TIDAK MUDAH.

Jadi jika hal itu terjadi segera pantau terus kebiasaan-kebiasannya, kalo perlu masukkan ketempat rehabilitasi, agar kembali normal, memang sakit ,tetapi itu untuk masa depan.


BERAPA KIRA-KIRA UANG YANG KELUAR UNTUK KASUS SEPERTI DAIATAS

Bukan hal yang sedikit materi yang di keluarkan untuk pengurusan semua itu, hampir seharga mobil avanza, kira-kira ratusan juta rupiah, itu kalo main belakang dan tidak dapat bebas begitu saja, itu hanya meringankan hukuman, coba bayangkan uang sebanyak itu, untuk di pake modal kawin saya, mungkin sudah melebih nikah artis,hehehe...tetapi hal itu tidak dipikirkan keluarganya, mereka rela menjual mobil avanzanya demi  membebaskan orang yang disayang. pengorbanan bukan itu saja, moral dan spritual juga sangat abis-abisan. Air mata mungkin terlalu banyak tumpah, masalahnya apakah si NAPI tau hal itu ????

Kalo saja diantara pembaca MIRACLES ada yang menjadi NAPI dan sekarang sudah bertobat, saya ingin sekali mendegar kisah kehidupan napi tahanan, dan saya ingin para pembaca bisa lebih menjaga dirinya dan menghargai kehidupan di tenggah2 orang yang disayang. Agar tdaik terjerumus dan menyalahkan keadaan.
please give me story,
send to email  : loverochi@gmail.com



by OC
Share this article :
+
4 Komentar untuk "NARKOBA"

boleh tanya ? sy punya keluarga tersangkut masalah narkoba (pemakai) sdh 6 bln di salemba tap blm juga di proses sidang, itu mmg seperti itu atau bagaimana,karna keluarga nya ada di lampung, tq

Just desire to say your article is as amazing.
The clearness in your post is simply cool and i can assume
you're an expert on this subject. Fine with your
permission allow me to grab your feed to keep updated with
forthcoming post. Thanks a million and please continue
the rewarding work.

Feel free to surf to my blog kasus narkoba}

Blh saya tanya bgi mna cara untuk mengaju kan CB yg benar bgi kponakan saya yg skrng sdng menjalani hukuman slama 10 bln dlm kasus narkoba tlng pnjelasan nya

Saya mau tanya bgi mna cra mengajuk an CB pd hukuman narkoba 10 bln tlng di ksih penjelasan