FIRMAN TUHAN MENGALAHKAN PENCOBAAN

“ Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu “ ( Mzm 34:20). Setiap manusia pasti pernah mengalami pencobaan dalam hidupnya, baik itu pencobaan Ekonomi, kesehatan, keluarga, percintaan, dll. Tetapi perlu di ingat Tuhan mengizinkan kita mempunyai pencobaan itu sesuai dengan kemampuan kita dan Tuhan ingin memberikan kesempatan kepada kita untuk mempraktekkan segala Firman yang sering kita dengar baik itu di peribadahan raya minggu, persekutuan doa, dsb. Banyak Firman yang kita dengar adalah berbentuk teori, tapi pada kenyataannya Firman Tuhan itu bukan sekedar teori saja karena Firman Tuhan mempunyai ruang lingkup yang besar didalam hidup kita. “ Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. ” (1Kor 10:13).

Selama kita masih hidup kita akan terus dihadapkan di dalam ujian atau pencobaan karena dunia yang kita diami sekarang dikuasai oleh dosa, dan sudah jelas-jelas bahwa sifat dosa itu sangat bertentangan dengan kehendak Tuhan. Dimana disaat kita mengalami pencobaan itu, sering sekali tanpa kita sadari kita terjerumus di dalam lembah dosa, karena manusia itu pada dasarnya hanya ingin mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalahnya, jika iman kita tidak benar-benar kuat maka iblis akan menguasai jiwa kita. Adalah tidak mudah menang melawan pencobaan-pencobaan yang menyerang kita, karena “…Roh memang penurut, tetapi daging lemah. “ ( Mat 26:41). Kita sebagai umat percaya janganlah termakan bujuk rayu iblis untuk menghadapi pencobaan, tetapi jadikanlah semua Firman Tuhan sebagai jawaban dari semua pencobaan yang kita alami, perlu di ingat bahwa Tuhan tak pernah meninggalkan umat-Nya gimana pun kondisi mereka.

Tapi sayangnya, banyak orang Kristen yang malas dan tidak suka membaca Firman Tuhan sehingga setiap ada permasalahan mereka mudah stres, uring-uringan, dan frustasi. Dan tidak banyak juga di antara mereka mencari pelarian untuk menutupi masalahnya, seperti pergi ketempat-tempat orang pintar (paranormal), tempat berhala, memakai narkoba, dsb. Tanpa mereka sadari perbuataan yang mereka lakukan itu sama dengan meragukan kekuasaan Tuhan, dan hukuman dari perbuatan mereka itu adalah maut! Perlu di ingat Tuhan Yesus telah meninggalkan teladan yang luar biasa bagaimana melawan pencobaan dan wajib kita untuk mencontohnya, Ketika sedang dicobai Iblis, tak henti-hentinya Yesus menggunakan Firman Tuhan sebagai pedang Roh untuk mematahkan setiap tipu muslihat Iblis.  Sebagaimana tertulis, selama empat puluh hari Yesus berpuasa di padang gurun, di mana kesempatan ini tidak disia-siakan Iblis untuk mencobai Dia.  Tiga kali Iblis berusaha untuk melemahkan Yesus dengan harapan Dia gagal menggenapi rencana Bapa dalam hidupNya, agar Dia berbalik dari jalan yang sudah ditentukan oleh BapaNya.  Tiga kali pula Yesus membalas serangan Iblis itu dengan memperkatakan Firman Tuhan dan pada akhirnya Yesus Menang melawan Iblis.

Tuhan Yesus itu selalu peduli dengan kehidupan kita, Dia pasti akan selalu ada untuk menopang hidup kita dan Dia tidak akan membiarkan kita sendiri. Jadi untuk apa kita mengandalkan kekuatan sendiri atau mengandalkan kekuasaan iblis untuk menyelesaikan pencobaan kita yang akan mengakibatkan kita terjerumus kedalam jurang dosa, “ Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! “ ( Yer 17:7). Sebesar apa pun pencobaan yang menyerang kita, sepatah kata dari firman Tuhan yang kita ucapkan dengan iman akan sanggup mengalahkannya. Keep the Faith and God Bless!!

Author : RF (Anak Tuhan)-Jakarta


Share this article :
+
0 Komentar untuk "FIRMAN TUHAN MENGALAHKAN PENCOBAAN"