NIM : 18.1.4014
Matakuliah.           : Komputer 2
Dosen Pengampu : Guntur hari Mukti,M.th
Tugas                     : Laporan Bacaan buku dan tanggapan
Judul Buku            Bingkai Kehidupan
Penulis.                   : Tony Tedjo
Penerbit.                 : Agape Bandung
Tebal buku.             : 120 halaman
Tahun terbit           2009

Bab 1 Karakter, Perubahan karakter akan di mulai dengan proses yang dimulai dari ketaatan,kesetiaan,keseriusan Untuk dapat memiliki karakter yang indah ada beberapa proses seperti :kita harus menang atas kedagingan dengan jalan mengalahkan kedagingan atau hawa nafsu,bertumbuh dalam kesucian dengan berpedoman kepada ajaran Allah perubahan karakter juga bisa mengubah pribadi dinamis dan berprestasi dengan sikap optimis dan ulet. Rasa kecewa dan mengendalikan emosi negatif ,menanggalkan kebiasaan buruk serta menjaga atas pengobatan akan menentukan karakter hidup seseorang 
⇨ Tanggapan : Tulisan diatas sangat bermanfaat apalagi untuk dapat mengerti dan merubah karakter masing-masing orang, perubahan karakter yang negatif harus dengan cepat dirubah agar dapat merubah hidup seseorang menjadi yang baik. Memiliki karakter seperti Yesus tidaklah mudah semua haruslah memikul salib tetapi kita ingin firubahkan seperti karakter Yesus.
Bab 2 Doa, Berdoa adalah hal yang penting untuk menaikkan syukur dan menaikkan permohonan untuk semua orang. Doa syafaat,saling mendoakan adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan secara bersama-sama dan saling mendoakan satu dengan yang lain,semuanya itu untuk menjalin keintiman dengan Tuhan dan pengucapan syukur kita denah Tuhan atas Rahmat anugrah yang diberikan kepada kita umat ciptaanya.Tekun dalam doa akan menghadirkan kuasa Tuhan dalam hidup kita.
⇨ Tanggapan : Dengan membaca buku bingkai kehidupan dan membaca prikop pada doa,kita akan mengerti bahwa doa yang sungguh-sungguh akan memiliki power yang kuat dan dahsyat dalam doa serta Allah akan turut dalam komunikasi permohonan dan doa yang kita minta sehingga terwujud sesuai keinginan dan kehendak Allah 
Bab 3 Iman, Iman akan menghasilkan harapan baru yang disertai pimpinan Tuhan,Penting untuk diketahui Iman itu harus berdasar kepada iman kepada Allah Bapa,Iman kepada Yesus Kristus dan Iman kepada Roh Kudus.
⇨ Tanggapan : Iman adalah sesuatu yang tidak terlihat dan pengharapan kepada Tuhan,iman harus memiliki landasan yang benar atas kepercayaan yang dianut,Imankepada Allah,iman kepada Yesus,Iman kepada Roh Kudus.  
Bab 4 Pelayanan,melayani Tuhan,melayani sesama itulah yang diajarkan Yesus dan orang yang melakukan pelayanan Tuhan untuk umatnya adalah panggilan yang mulia dan kita membahas pelayan Tuhan. Melayani atau melakukan pekerjaan pelayan haruslah melakukan pelayanan yang terbaik untuk Tuhan dengan mempersembahkan persembahan yang hidup dan yang berkenan kepada Allah ( Roma 12:1) Banyak jenis pelayanan yang bermanfaat danberfungsi salah satunya adalah dengan menulis buku atau artikel yang dapat membangun semua orang.
⇨ Tanggapan: Pelayanan hanya berfokus dan berlandaskan kepada Yesus Kristus untuk memberi pelayanan kepada Tuhan Allah kita dan kepada sesama manusia, dengan memberi diri menjadi pelayan Tuhan maka Tuhan sendiri akan melayani kita dengan cinta kasihnya.
Bab 5 Kuasa,Kesembuhan ilahi adalah kuasa yang dilakukan oleh para nabi,rasul dan oleh Yesus pada waktu dahulu sekarang kuasa kesembuhan diberikan Tuhan kepada hamba-hamba-Nya sebagai karunia untuk melengkapi pelayanan,kesembuhan ilahi dapat dialami dengan Iman,bertindak,yakin sepenuhnya. Didalam pengharapan harus ada kekuatan pengharapan (the power of hope ),kuasa kebangkitan Kristus,kuasa firman Allah,hidup dalam kuasa Allah,mukjizat kreatif,inilah yang akan menumbuhkan kuasa dalam diri kita agar memiliki power yang memang berkuasa dalam Yesus.
⇨ Tanggapan: Kuasa kesembuhan ilahi ada di setiap orang yang percaya dan kuasa kesembuhan diberikan Allah kepada orang yang dikehdendakinya. Kuasa kesembuhan bisa didapati bagi setiap orang yang menginginkannya asalkan mengundang kuasa Allah untuk jangan Tuhan dengan hati yang tulus dan iman kepada Yesus Kristus.
Bab 6 Keluarga, Peran orang tua dalam mengantisipasi anak-anaknya agar tidak terseret kearah negatif dalam dunia ini,beberapa hal yang dapatembuat anak menjadi anak-anak yang hidup dalam Tuhan: Orang raya menjadi teladan dalam sikap dan perbuatannya,anak-anak harus dibekali dengan firman Tuhan,orang tua senantiasa mendoakan anak-anak.Hallain yang menjadikan keluarga menjadi harmonis diperlukan komunikasi sesering mungkin karena akan terjadi keterbukaan antar orangtuanya dan anak.
⇨ Tanggapan: Saya sangat setuju dengan tulisan mengenai keluarga dan hal-hal dalam mempertahankan keluarga membuat buku ini semakin bermanfaat dan perlu saya tambahkan membangun mezbah ibadah,mezbah doa dalam kelaurga adalah hal terpenting dari semua itu. Karena dalam Mezbah Doa dan ibadah terjadi mukjizat yang tidak terpikirkan serta kebaikan-kebaikan Tuhan nyata dalam keluarga yang takut akan Tuhan.
Bab 7 Uang, Habitus orang kaya dalam mengelola keuangandengan bijaksana biarlah dijalani dengan sederhana agar pola hidup menjadi baik,penting  mengelola keuangan keluarga dengan baik agar tidak berdampak pada kehancuran keluarga. Alkitab mengajarkan kita cara mengelola keuangan,denganbelajar memberi (Yoh 3:16,Rm 8:32),pengelolaan uang dengan serakah akan mengabdi kepada mammon (Luk 16:10-14), jika kita setia dengan perkara kecil  ( Luk 16:10) . Dengan uang kita juga bisa berinvestasi bagi kerajaan Allah dengan membantu ladang pekerjaan Allah ,mencukupi kebutuhan di rumah Tuhan/gereja-gereja dan membantu jiwa-jiwa yang berkekurangan. Untuk mendapatkan uang berbisnislah sesuai firman Allah seperti, mendasari usaha dengan doa, setia mengembalikan perpuluhan,menjalan usaha yang mendatangkan kesejahteraan bagi orang lain,sertakanTuhan dalam usaha agar semua dilipat gandakan Tuhan.
⇨ Tanggapan : Uang adalah akar segala kejahatan jika kita tidak dapat mempergunakan dengan bijaksana,sayasangat setuju dengan tulisan dari buku Tony Tedjo semua dikupas baik dalam pengelolaan uang,mendapatkan uang dengan benar dan kebijaksanaan dalam mengelola.









Bab 2 Kesimpulan
Buku Bingkai kehidupan adalah buku yang pantas untuk kita baca agar kita dapat mengerti kehidupan anak-anak Tuhan  dan dapat menguatkan dan membangkitkan kehidupan.  Dengan membaca buku ini adanya perubahan dan keindahan hidup dalam Tuhan.Bab demi bab penulis menulis dengan sangat ngambang DNA mudah dimengerti baik untuk orang wanita maupun mereka yang sudah dalam pelayanan. Kesimpulan saya buku ini sangat baik untuk dibaca dan dimiliki bahasa yang sederhana dan berdasar pada firman Tuhan.




Share this article :
+
0 Komentar untuk " "