ES BATU

Ada apa dengan ES BATU ???????

Tapi, tahukah anda ada banyak hal menarik di balik es batu ini ?
Mari kita simak ...

1.Berbagai Variasi Es

1. Berbagai Bentuk Es Batu
Banyak orang yang membuat es batu berbagai bentuk agar dapat memperindah suatu minuman. Nih berbagai contohnya :

a. Cincin

Es batu berbentuk cincin ini memang cocok disajikan pada saat menjamu tamu spesial dan minuman yang istimewa. Bentuknya sangat unik seperti cincin bertatahkan berlian. Wah, kalau disajikan untuk si dia sudah pasti bakal jadi minuman yang tak terlupakan.

b. Istana

Es batu berbentuk istana? Kini bukan kahayalan lagi, sebab sebuah ice cube palace bisa mewujud impian buah hati Anda. Es berbentuk istana ini dijamin membuat si kecil betah berjam-jam memegang minumannya hingga si es batu mencair di dalam gelas. Cocok buat disajikan di pesta yang dihadiri oleh para gadis cilik.

c. Bola

Es batu berbentuk klasik bulat ini biasanya memang banyak dijumpai di bar-bar yang menjual minuman seperti wishky atau vodka. Tapi kini sebuah ice cube ball telah diciptakan agar siapa saja dapat membuat es batu berbentuk sebesar bola ping pong ini.

d. Sirip Hiu

Ingin membuat minuman Anda tampak seperti ada yang berenang atau mengambang di atasnya? Es batu berbentuk seperti sirip ikan hiu ini bisa mencipatakan efek tersebut. Selain unik juga sangat menarik untuk anak-anak

e. Tengkorak

Kalau ingin membuat minuman yang sedikit mengejutkan tamu, es batu berbentuk wajah orang sedang menjerit ini mungkin bisa jadi pilihan. Disajikan dengan beberapa minuman atau sirup berwarna bisa membuat efeknya semakin nyata. Wouuuw!

2. Manfaat bagi Kecantikan

2. Manfaat Es Batu bagi Kecantikan
Tampil cantik tidak harus selalu dengan perawatan mahal. Ternyata banyak bahan alami yang mudah ditemui mempunyai manfaat kecantikan. Salah satunya adalah es batu. Es batu bisa menjadi resep alami untuk masalah kulit. Kalau biasanya es batu selalu digunakan untuk memberi sensasi dingin pada minuman. Cobalah gunakan es batu sebagai pengganti produk kecantikan dengan harga mahal dan cenderung berbahan keras.

a. Mengatasi Jerawat

Caranya cukup dengan memijat wajah menggunakan es batu sebelum tidur.

b. Mengurangi minyak berlebih pada wajah
Caranya, cukup mencuci muka dengan es hancur. Lakukan satu kali dalam seminggu. Cara ini dapat membantu untuk menjaga sel-sel lemak tetap terkontrol.

c. Mengecilkan pori-pori
Caranya adalah cukup dengan membungkus es batu dalam kapas dan pijat dengan lembut pada wajah dan leher. Lakukan cara ini tiap malam sebelum tidur.

d. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari
Caranya mudah dengan membuat ramuan es batu yang diberi air mawar kemudian gunakan pada daerah kulit yang terbakar matahari.

e. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Gosokkan es batu di wajah Anda selama satu menit, lalu akan ada cahaya alami pada wajah Anda. Lakukan hal ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

f. Mengurangi Mata Bengkak
Apakah mata Anda sering bengkak? Taruh beberapa es batu dalam kain katun dan oleskan di bawah mata Anda. Hal ini membantu untuk meringankan pembengkakan. Es batu juga membuat mata menjadi rileks dan dapat digunakan untuk sindrom mata kering juga. Cocok nih buat para yang sering begadang. 

3. Bisa buat gigi retak

3. Es Batu bisa buat gigi RETAK
Mungkin terdengar sepele, tapi mengunyah es batu benar-benar bisa bikin gigi retak. Hal ini jelas diungkapkan oleh doketr asal Florida, AS, Brunilda Nazario, MD.
Ia mengungkapkan, hal yang wajar dan bebas gula jika Anda pikir mengunyah es batu tidak berbahaya. Tapi mengunyahnya dengan keras, akan membuat gigi Anda retak.
"Dan jika ceroboh mengunyah es batu akan mengiritasi jaringan lunak dalam gigi. Dan hasilnya, Anda bisa sakit gigi," kata dokter yang juga dipercayai Michelle Obama ini.
Jika agan tetap melakukan hal ini, bisa jadi agan ...

4. Membuat Api

4. Membuat Api dari Es Batu
Nih saya kasih caranya + vid :
1. Cari bongkahan es dengan ukuran sedang, cukup dipegang dengan dua tangan.
2. Bersihkan kerak yang berada di sekeliling bongkahan es hingga terlihat mengilap dan berbentuk lonjong pipih.
3. Cek dengan mangarahkan bongkahan es tersebut ke sinar Matahari. Jika mampu meneruskan sinar Matahari ke satu titik fokus, maka besar kemungkinan menciptakan api.
4. Arahkan sinar Matahari yang terfokus melalui bongkahan es tersebut pada benda kering, seperti ranting kering, bubuk kayu atau bahan lainnya yang mudah terbakar.
5. Tunggulah beberapa saat sampai api menyala.

5. Bahaya Es Batu

5. Es Batu Penyebar Bakteri
Es dari air mentah berwarna putih karena masih banyak gas yang terperangkap di dalamnya. Biasanya, es yang dibuat dari air mentah adalah es balok. Es ini jelas-jelas tidak baik dikonsumsi, terlebih lagi jika airnya diambil dari air sungai yang tercemar (bayangin aja, anda minum air sungai kotor :-S ).

Dalam air mentah ada banyak bakteri e coli. Ada penelitian di Florida selatan yang membandingkan es batu dengan air toilet, hasilnya es batu mengandung 70% lebih banyak kuman daripada air toilet. Tentu tidak ada beda nya dengan di Indonesia, yang notabenenya es batu dibuat dari air mentah. Ada juga di Jakarta yang pabrik es batunya di dekat kali Ciliwung, memakai air mentah dari sungai dan dicampur dengan pemutih. Bahaya nggak coba ??

6. Seni Pahat Es

6. Dijadiin Karya Seni
Di beberapa negara, es baloknya di pahat nih gan. Terus di jadiin karya seni yang cukup waw loh. Tapi, sayangnya di Indonesia kita masih jarang menjumpai ini.

7. Kompres saat Demam

7. Jangan Gunakan Es Untuk Kompres
Banyak orang dulu bilang kalo demam, kompres aja pake es . Itu ga bener loh gan/sis. Sekarang ini kompres dengan es sangat tidak dianjurkan karena pada saat suhu tubuh panas terjadi pelebaran pembuluh darah, jika di berikan kompres es maka akan terjadi syok dengan penyempitan pembuluh darah secara mendadak.
Saat ini sangat dianjurkan untuk menggunakan kompres dengan air biasa yang keluar dari kran air. rasionalnya misal suhu tubuh 39C dan jika suhu air 35C, maka panas tubuh akan menurun ke rentang tengah antara kedua suhu tersebut tepatnya 37C.

8. Perut Kembung !

8. Bikin Perut KEMBUNG
Kebiasaan minum es sebagai pendamping makanan ternyata dapat menyiksa lambung agan loh. Suhu lambung sudah diatur agar tetap hangat supaya bisa melakukan tugasnya dengan baik. Nah, ketika anda memasukkan minuman es ke dalam lambung otomatis suhu lambung agan bisa turun drastis.
Untungnya tubuh akan menghangatkan lambung dengan mengambil panas dari organ lain, seperti hati dan ginjal. Butuh waktu sekitar 10 - 30 menit untuk mengembalikan suhu lambung. Akan tetapi, lagi-lagi minuman es masuk ke dalam lambung dan kembali membekukan enzim. Sehingga makanan tidak dapat dicerna oleh enzim.
Akibatnya ? Makanan yang mengendap lama di dalam lambung akan berfermentasi. Fermentasi menyebabkan munculnya gas dalam lambung. Hal ini membuat agan bersendawa, perut kembung, nafas pun tidak sedap.

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Share this article :
+
0 Komentar untuk "ES BATU"