WASFUL STOP

STOP BOROS

Sebagian orang mungkin sedang berusaha unutk tidak boros. Saya coba bedah permasalahan boros, kenapa sebagian orang sulit berhenti boros? Secara tidak sadar sifat boros itu sangat merugikan diri kita sendiri, banyak Argumen,comentar yang sering saya dengar, ini adalah bebera contoh kalimat dimana waktu kita memberitahukan orang untuk berhenti boros, ini lah jawaban mereka:

- Uang, uang gue ini, mau gue pake apa keq
- Hidup ini harus di nikmatin
- Kerja kan cuma buat nyenengin gue
- Gak bakal kaya kalo irit.
- dan lain-lain  jawaban orang yang hidupnya tidak mau di atur.

Beberapa alasan yang memicu hidup boros, diantaranya sbb:

1. Gengsi
     Gengsi bisa menyebabkan orang banyak menghabiskan uangnya, hanya untuk di pandang bahwa dia juga  bisa lebih dari orang itu.

2. Tidak bisa menghargai jerih payah sendiri,
     Orang semacam ini merasa dirinya gampang mendapatkan uang, dan hidup foya-foya

3. Kenikmatan Indra Tubuh
    Hal ini bisa di katakan pemborosan dalam segi fisik, gonta-ganti baju,keluar masuk salon, banyak menghabiskan makanan, suka jajan/ngemil. yang sifatnya tidak penting tetapi menjadi penting.

 4. Berangangkapan uang diatas segala-galanya,
     Ini dapat memicu bahwa dengan uang semua dapat dibeli, sampai hal-hal yang memusingkan bisa diselesaikan dengan cara uang.

5. Tidak adanya tujuan hidup
    Orang yang tidak memiliki tujuan hidup/planning hidup,akan merasa bahwa apa yang didapat hari ini bisa dihabiskan untuk hari itu,hanya untuk kepuasan dan kesenangannya.

5. Iri Hati
    Tidak dapat melihat kelebihan orang lain,sehingga memaksa untuk bisa dapat menyerupai orang yang di anggap menjadi saingannya. Contohnya, ibu-ibu yang iri melihat kursi baru tetangganya padahal kursinya masih sangat bagus, tetapi karena dia tidak mau di saingi maka dia ikut membeli barang yang sama,bahkan lebih bagus dari tetangganya,sementara kursi itu tidak tau mau di taro dimana.

6. dll

Sadar tidak sadar kita baru merasakan uang habis tanpa ada arti dan kepuasan, barulah berpikir kemana uang/tabungan selama ini, itu semua baru bisa dirasakan saat uang sudah menipis or sekarat sehingga membeli nasi sebungkuspun harus berutang.


by Oc
Share this article :
+
0 Komentar untuk "WASFUL STOP"